Sosok Pengganti Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Ini Profil Kapolda Sulteng Baru

Iklan

,

Iklan

iklan

Sosok Pengganti Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Ini Profil Kapolda Sulteng Baru

Redaksi Palu Ngataku
29 Mar 2023, 09:17 WIB Last Updated 2023-03-29T01:17:44Z

Irjen Pol Agus Nugroho, S.I.K.,S.H., M.H. (Foto: BPOM)

Palu Ngataku
Kapolda Sulawesi Tengah berganti, Hal ini berdasarkan surat telegram rahasia (TR) Kapolri terbaru yang menetapkan Irjen Pol Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulteng yang baru.


"Irjen Pol Agus Nugroho, S.I.K.,S.H., M.H saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Penindakan BPOM diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda Sulteng," sesuai bunyi TR terbaru Kapolri, yang di distribusikan Rabu 27 Maret 2023.


Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Agus Nugroho sebagai Kapolda Sulteng yang baru. Hal ini sesuai dengan Telegram Rahasia (TR) Kapolri terbaru Nomor ST/713/III/KEP./2023 tanggal 27 Maret 2023.

Sementara itu, Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi di mutasikan sebagai Pati Lemdiklat Polri (Persiapan Penugasan Luar Struktur).


Berikut ini informasi profil Irjen Agus Nugroho sosok pengganti Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi sebagai Kapolda Sulteng yang baru.


Irjen. Pol. Agus Nugroho, S.I.K., S.H., M.H

Lahir di Bandung, pada tanggal 14 Agustus 1969, Agus Nugroho, S.IK., S.H., M.H. Sepanjang karir beliau ditugaskan di satuan reserse, Kepala Diklat Reserse Lemdiklat Polri Cilember Jawa Barat pada tahun 2020. dan terakhir menjabat sebagai Deputi Bidang Penindakan pada 5 Oktober 2022, dan kini Beliau ditunjuk menjabat sebagai Kapolda Sulteng sesuai Telegram Rahasia (TR) pada 27 Maret 2023.


Beliau turut mengikuti beberapa pendidikan, diantaranya adalah Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 1991, Perguruan Tinggi Kepolisian tahun 2000, Sekolah Staf dan Pimpinan Kepolisian Republik Indonesia di SESPIM POLRI tahun lulus 2008, SESPIMTI di SESPIMTI POLRI tahun lulus 2016, PPSA Angkatan XXIII Lemhannas RI di Lemhannas RI tahun 2021.


Dalam perjalanan karirnya, beliau pernah menerima penghargaan yang diperoleh meliputi Piagam Kesetiaan 8 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia tahun 2000, Piagam Kesetiaan 16 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia tahun 2008, Piagam Dwijastita oleh Presiden tahun 1996, Piagam Kesetiaan 24 Tahun oleh Presiden Republik Indonesia tahun 2016, Piagam Pin Emas Kapolri oleh Kepala Polisi Republik Indonesia tahun 2019.


Selain itu, beliau memperoleh gelar sarjana di Fakultas Hukum Sekolah Tinggi Hukum Cianjur dan memperoleh gelar Magister Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran. Kini sedang meneruskan pendidikan Doktor di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.


Selain pendidikan, beliau juga mengikuti beberapa kegiatan pelatihan dan penugasan baik di dalam maupun luar negeri. Pelatihan dalam negeri yang beliau ikuti meliputi Perwira Lanjutan Reserse Umum Angkatan III pada 1993 di Pusdik Reskrim.


Sementara itu, untuk penugasan di luar negeri yang pernah diikuti diantaranya adalah Senior Officials Meeting on Transnational Crime (SOMTC) ASEAN di Laos tahun 2017, Senior Officials Meeting on Transnational Crime (SOMTC) di Kuala Lumpur, tahun 2018, ASEAN Ministerial Meeting on Transnasional Crime (AMMTC) di Myanmar tahun 2019, 34Th Heads Of Specialist Units On Trafficking In Person di Myanmar tahun 2019, ASEANPOL di Vietnam tahun 2019, Police Administration di Jepang, Supervisosy Criminal Investigator di Thailand, National Development Course di Taiwan, Leadership Development Course di Thailand, Advance Management Course di Amerika Serikat, Financial Investigation Training di Belanda, Sertifikasi ECSA (EC. Council Certified Security Analyst), Pelatihan Kemanan Cyber dan Digital Forensik, di Florida USA tahun 2020.


Penulis: Irfan Jo

Editor: Ghifari

Iklan

KAPOLRES MOROWALI space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA