Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Mandi Air Laut Bagi Kesehatan Tubuh Jarang Diketahui

Iklan

,

Iklan

iklan

Wajib Tahu! Inilah 6 Manfaat Mandi Air Laut Bagi Kesehatan Tubuh Jarang Diketahui

Redaksi Palu Ngataku
1 Okt 2023, 10:41 WIB Last Updated 2023-10-01T02:41:10Z

Ilustrasi Laut. (Foto: flickr)

Palu Ngataku -
Kesehatan memang hal yang sangat berharga bagi setiap manusia. Untuk menjaga kesehatan, banyak orang sampai menghabiskan biaya mahal. Namun, tidak semua kesehatan bisa didapat dengan biaya mahal, salah satunya terapi mandi air laut.


Saat tubuh lelah, orang-orang zaman dahulu menyarankan mandi air laut. Percaya atau tidak, beberapa orang meyakini kelelahan tubuhnya berkurang.


Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (1/10/2023), berkitut beberapa manfaat terapi mandi air laut bagi kesehatan tubuh yang jarang orang ketahui:


1. Membersihkan Kulit 


Mandi air laut juga memiliki sifat eksfoliasi. Sel-sel kulit mati ikut terangkat ketika mandi air laut.


Selain itu kandungan mineral dan nutrisinya membantu kulit jadi lebih lembut seperti disampaikan pakar kecantikan, Shahnaz Husain.


2. Terapi bagi orang berjerawat


Garam memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Sehingga bagi yang memiliki masalah jerawat tepat bila secara rutin melakukan mandi air laut.


3. Mengurangi peradangan


Menurut penelitian, teratur terapi mandi air laut membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Selain itu, bisa mengurangi rasa nyeri terkait penyakit arthrititis.


Peneliti Israel juga menemukan manfaat dari mandi air laut. Mereka mengungkapkan, berendam air garam bisa meredakan otot-otot yang nyeri, misalnya usai berolahraga.


4. Bikin tubuh rileks


Mandi air laut memiliki efek melepaskan stres dan bisa membuat tubuh rileks. Dan salah satu terapi yang memanfaatkan kandungan mineral, seperti yang terdapat dalam garam, disebut dengan balneoterapi.


5. Mengurangi rasa sakit bagi penderita saraf kejepit


Ketika Anda berada di dalam air, berat badan Anda akan terasa lebih berkurang sehingga mampu mengurangi beban tubuh ketika bergerak.


Selain sebagai terapi fisik, berenang juga mampu menguatkan otot tulang belakang serta menguatkan bantalan yang cedera. 


Berenang tidak menyebabkan bantalan yang cedera terkena benturan ataupun tekanan sehingga bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan akibat saraf terjepit.


6. Baik untuk penderita Jantung, Stroke, Asam Urat, Vertigo dan penyakit lainnya


Dilansir dari Universitas Quantum Abi Nana Cheka Sev. Katanya, dengan melakukan terapi pantai akan banyak manfaat yang diperoleh terutama dalam hal kesehatan holistik. 


Selain itu, orang dengan kesehatan mental yang terganggu pun bisa merasakan manfaat dari terapi pantai.


Menurut peneliti, terapi di pantai sangat banyak manfaatnya, yakni untuk kesehatan fisik mulai dari keluhan jantung, stroke, asam urat, vertigo dan masih banyak penyakit lainnya.” Mengapa bisa demikian? Pasalnya, kandungan garam yang ada di dalam air laut ternyata sangat baik untuk saraf motorik di tubuh manusia.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA