Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Daerah Irigasi Gumbasa di Sigi

Iklan

,

Iklan

iklan

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Daerah Irigasi Gumbasa di Sigi

Redaksi Palu Ngataku
27 Mar 2024, 18:17 WIB Last Updated 2024-03-27T10:17:13Z

Presiden Jokowi saat meresmikan bendungan dan daerah irigasi di Sigi. (Foto: Humas Pemprov)

Palu Ngataku -
Hari Kedua kunjungan kerja di Provinsi Sulawesi Tengah, Presiden RI Joko Widodo meresmikan Bendungan dan Daerah Irigasi (DI) Gumbasa Kabupaten Sigi. Rabu, (27/3/2024).


Presiden Jokowi didampingi Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.


Dalam sambutanya, Presiden Jokowi menuturkan, dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, pemerintah telah melaksanakan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur irigasi diseluruh tanah air, termasuk daerah irigasi Gumbasa, Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. 


"Perlunya melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi jaringan irigasi untuk memastikan ketersediaan air bagi petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian", kata Presiden RI Joko Widodo mengawali sambutannya 


Menurutnya, rehabilitasi daerah Irigasi Gumbasa telah dimulai sejak 2016, melewati perjalanan panjang kemudian terjadi bencana 2018 dan akhirnya tahun 2024 selesai. 


Pembangunan tersebut menggelontorkan dana sebesar Rp 1,25 triliun, dengan rincian ; 1 (satu) bendungan, dekontruksi 35 kilometer saluran primer, 52 kilometer saluran sekunder, 119 kilometer saluran tersier, 82 kilometer saluran pembuangan. 

 

"Hal tersebut akan mengoptimalkan daerah layanan seluas 8.180 Ha lokasi persawahan dan meningkatkan indeks pertanian dari semula 149 persen menjadi 300 persen", terang Jokowi 


Untuk itu, ia berharap, daerah irigasi Gumbasa dapat meningkatkan produktivitas pertanian, mendukung keamanan dan ketahanan kedaulatan pangan serta meningkatkan kesejahteraan petani. 


Peresmian daerah irigasi Gumbasa tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirene dan penandatanganan Prasasti oleh Presiden RI Joko Widodo. 


Sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan Pelabuhan Wani, Pelabuhan Gonenggati Banawa di Kabupaten Donggala dan Pelabuhan Pantoloan di Kota Palu. Kemudian, Jokowi juga meninjau langsung panen raya di Desa Pandere. 


Sumber : PPID Utama selaku Humas Pemprov. Sulteng/Dinas Kominfo Santik.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA