Wajib Tahu! Ini Empat Cara Agar Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

Iklan

,

Iklan

iklan

Wajib Tahu! Ini Empat Cara Agar Terhindar dari Penyakit Batu Ginjal

Redaksi Palu Ngataku
14 Mei 2023, 06:32 WIB Last Updated 2023-05-13T22:34:28Z

Penting bagi Anda untuk mengenali dan cara mencegah agar terhindar dari risiko penyakit batu ginjal. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
Batu ginjal yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan rasa nyeri dan komplikasi. Terbaru, video batu ginjal seukuran rimpang jahe yang dikeluarkan dari seorang perempuan berusia 45 tahun menyita perhatian warganet.


Jika ukurannya kecil, batu ginjal sebenarnya bisa diatasi dengan obat nyeri. Lain halnya jika ukurannya sudah besar, Anda akan berakhir di meja operasi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengenali dan cara mencegah agar terhindar dari risiko penyakit ini.

Seperti dikutip dari laman Kidney, Sabtu (13/5/2023), berikut cara pencegahan agar tidak terkena batu ginjal:

1. Cukupi Asupan Cairan
Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan minum air yang cukup. Itu akan membantu menjaga agar urine Anda tidak terlalu pekat dengan produk limbah.

Urine yang lebih gelap dan lebih pekat merupakan pertanda tubuh kurang cairan. Urine Anda akan tampak sangat kuning muda dan jernih jika Anda terhidrasi dengan baik.

2. Konsumsi Buah dan Sayur
Makan lebih banyak buah dan sayuran yang membuat urine lebih sedikit asam. Ketika urine kurang asam, maka batu mungkin kurang bisa terbentuk.

Makanan apa yang tinggi garam? Semua orang memikirkan keripik kentang asin dan kentang goreng. Batasi konsumsinya. Ada produk lain yang asin, yakni daging sandwich, sup kalengan, makanan kemasan, bahkan minuman olahraga.

3. Cukup Konsumsi Protein
Cobalah mendapatkan berat badan normal jika Anda kelebihan berat badan. Tapi, diet penurunan berat badan protein tinggi yang mencakup protein hewani dalam jumlah tinggi serta diet ketat dapat menambah risiko pembentukan batu ginjal.

Anda membutuhkan protein yang cukup, tetapi itu harus menjadi bagian dari diet seimbang. Carilah panduan dari ahli diet terdaftar saat memulai diet penurunan berat badan atau intervensi diet apa pun untuk mengurangi risiko batu ginjal.

4. Konsumsi Produk Susu
Tak perlu khawatir akan kena batu "kalsium". Produk susu memang mengandung kalsium, tetapi sebenarnya membantu mencegah batu ginjal. Sebab, kalsium berikatan dengan oksalat sebelum masuk ke ginjal.

Orang dengan asupan kalsium diet terendah memiliki peningkatan risiko batu ginjal. Sebuah batu dapat terbentuk dari garam, produk limbah protein, dan potasium.

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Sebagian besar batu ginjal terbentuk ketika oksalat, produk sampingan dari makanan tertentu, berikatan dengan kalsium saat urine dibuat oleh ginjal.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA