Poso Bakal Jadi Kotamadya, Waket DPRD Poso: Pemindahan Ibukota ke Pamona Akan Jadi Penghambat Pelayanan

Iklan

,

Iklan

iklan

Poso Bakal Jadi Kotamadya, Waket DPRD Poso: Pemindahan Ibukota ke Pamona Akan Jadi Penghambat Pelayanan

Redaksi Palu Ngataku
15 Mei 2024, 20:28 WIB Last Updated 2024-05-15T12:28:34Z

Gubernur Sulteng (kiri) saat menerima kunjungan DPRD Poso. (Foto: Humas Pemprov)

Palu Ngataku
- Rencana memindahkan ibukota Poso ke Pamona dan menjadikan Poso sebagai kotamadya, dibahas Gubernur Rusdy Mastura bersama anggota DPRD Poso pada Rabu (15/5/2024).


“Saya gembira ibu ketua dan teman-teman DPRD (Poso) sudah datang,” ucap gubernur waktu menerima kunjungan di ruang kerjanya.


Rencana itu beber gubernur adalah bagian jangka panjang untuk mengakselerasi Poso menjadi provinsi baru di masa depan.


Sementara Wakil Ketua DPRD Poso Muhamad Yusuf berharap rencana ini mesti dikaji dengan cermat.


Ia memprediksi bahwa pemindahan ibukota kabupaten Poso ke Pamona akan menghambat pelayanan dari beberapa wilayah yang tidak masuk dalam Kotamadya Poso.


Masyarakat dari wilayah Poso Pesisir Utara sebutnya sebagai contoh kecil, harus bepergian lebih jauh ke Pamona, untuk berurusan di kabupaten induk.


Diakui gubernur bahwa Poso sebagai salah satu kabupaten tertua di Sulteng dengan luas wilayah lebih dari 23 km dan 13 kecamatan, memiliki beberapa opsi pemekaran untuk dikaji.


Karena itu, agar tidak gegabah maka perlu dilakukan dahulu studi kelayakan Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk menganalisanya dari berbagai perspektif.


Selanjutnya gubernur meminta biro pemerintahan dan otonomi daerah terus berkoordinasi dengan BRIDA dalam penyiapan studi kelayakan terkait pemindahan ibukota Poso dan pembentukan Kotamadya Poso.


“Saya yakin Poso punya masa depan dan semoga bisa menjadi provinsi dalam 20 sampai 30 tahun lagi,” harap gubernur untuk kemajuan Poso di masa depan.


Turut hadir dalam pertemuan, Ketua DPRD Poso Sesi Kristina Mareda, S.H., M.H, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. Dahri Saleh, M.Si dan pejabat terkait.


Sumber: Ro Adpim Setdaprov Sulteng

Iklan

Dinda Skincare space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA