Aksi Polisi Kawal Logistik Pemilu Lintasi Hutan Kawasan Eks Aktfitas MIT Poso

Iklan

,

Iklan

iklan

Aksi Polisi Kawal Logistik Pemilu Lintasi Hutan Kawasan Eks Aktfitas MIT Poso

Redaksi Palu Ngataku
16 Feb 2024, 15:26 WIB Last Updated 2024-02-16T07:26:18Z

Polisi saat mengawal logistik pemilu di hutan kawasan eks aktifitas MIT Poso. (Foto: Humas Polres Sigi)

Palu Ngataku -
Tempat Pemungutan Suara (TPS)  5 Dusun Manggalapi Desa Rejeki Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi hanya dapat ditempuh dengan menggunakan sepeda motor trail atau sepeda motor modifikasi.


Dusun ini berjarak 184 kilometer bila ditempuh melalui Mako Polres Sigi. Kawasan hutan wilayah ini dahulu merupakan eks lokasi persembunyian dan aktifitas Daftar Pencarian Orang (DPO) Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso dari kejaran Satgas Operasi Madago Raya.


Dalam pelaksanaan pemungutan Suara Pemilu 2024, 2 Personel Polres Sigi yaitu Aipda Amar Husain dan Aipda Chairul bertugas mengamankan TPS Dusun Manggalapi yang merupakan TPS kategiri sangat rawan.


“Untuk menuju ke TPS Dusun Manggalapi hanya dapat dilakukan dengan motor trail atau motor yang dimodifikasi menyerupai trail,” ungkap Aipda Amar Husain di Sigi, Jumat (16/2/2024)


Jarak tempuh kurang lebih 9 jam dari Mapolres Sigi, baik berangkat atau kembali kita harus melewati jalur yang sama, ujarnya


Ia menambahkan, untuk ke TPS Dusun Manggalapi dirinya bersama teman-teman petugas lain melalui jalur wilayah Kecamatan Sausu Kabupaten Parimo, jalur yang dilalui tidak mudah terlebih dimusim penghujan


“Jalan berbatu, berlumpur menyebrangi anak sungai dan sungai yang berarus cukup deras. Bila arusnya deras kita harus tunggu hingga dirasa aman untuk diseberangi,” tandasnya


‘Alhamdullilah pelaksanaan pengawalan logistik menuju TPS, saat pemungutan suara dan membawa kotak suara ke PPK dilalui dengan aman dan lancar, kata Aipda Amar Husain.


Amar juga menceritakan, saat pengawalan logistik menuju ke PPK, sempat salah satu sepeda motor mengalami masalah di ban depannya, saat itu masih di wilayah pegunungan Manggalapi dan sudah malam.


Kekhawatiran itu pasti ada, tetapi baik petugas Kepolisian, PPS, pengawas TPS dan linmas untuk menunggu melakukan perbaikan ban sepeda motor yang bermasalah.


Ini semua kita lakukan karena kami ingin menyelesaikan tugas berat yang dibebankan kepundak kami selesai dalam keadaan aman dan lancar, pungkas Amar Husain.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA