Peserta Hingga Panitia Seleksi SIPSS di Ambil Sumpah, Ini Pesan Kapolda Sulteng

Iklan

,

Iklan

iklan

Peserta Hingga Panitia Seleksi SIPSS di Ambil Sumpah, Ini Pesan Kapolda Sulteng

Redaksi Palu Ngataku
17 Jan 2024, 14:16 WIB Last Updated 2024-01-17T06:16:18Z

Para peserta dan panitia seleksi SIPSS saat mengambil sumpah. (Foto: Humas Polda Sulteng)

Palu Ngataku -
Polda Sulawesi Tengah menggelar Pengambilan sumpah dan Penanda Tanganan Pakta Integritas kepada Panitia, Pengawas, peserta seleksi dan orang tua peserta dalam rekrutmen penerimaan anggota Polri Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun anggaran 2024.


Acara digelar di Rupatama Polda Sulteng dipimpin oleh Kapolda Sulteng Irjen Pol. Agus Nugroho,turut dihadiri Wakapolda Brigjen Pol. Soeseno Noerhandoko, Irwasda dan beberapa pejabat utama Polda Sulteng, Rabu (17/1/2024).


“Perlu saya sampaikan bahwa pelaksanaan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan SIPSS yang telah kita laksanakan bersama ini bermakna sangat mulia dalam mewujudkan proses rekrutmen yang clear and clean,” kata Kapolda Sulteng dalam amanatnya.


Kapolda juga menjelaskan, Sumpah yang saudara-saudara ucapkan merupakan salah satu bentuk manifestasi hubungan manusia dengan Tuhan, yang mengandung makna dan konsekuensi yang wajib dipertanggungjawabkan dunia akhirat. 


Sedangkan pakta integritas yang saudara-saudara tandatangani, merupakan upaya kita untuk membangun komitmen bersama, guna mewujudkan rekrutmen yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis, tegas Irjen Pol. Agus Nugroho.


“Saya berharap kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas ini benar-benar dapat dijadikan sebagai pedoman dan  landasan moral bagi seluruh  peserta dan panitia dalam melaksanakan seluruh tahapan seleksi,” harap Kapolda Sulteng.


Kapolda juga mengIngatkan, bahwa pakta integritas yang saudara-saudara tandatangani, mengatur sanksi yang tegas bagi para pelaku penyimpangan, mulai dari sanksi moral, sanksi administratif sampai dengan sanksi pidana.


Sementara itu Karo SDM Polda Sulteng Kombes Pol. Heru Budi Prasetyo, SIK mengatakan, Animo pendaftar SIPSS tahun anggaran 2024 sejak dibuka tanggal 8 hingga 16 Januari 2024 sebanyak 14 orang.


Dari jumlah tersebut kata Karo SDM, 4 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat karena tinggi badan kurang, sisanya 10 peserta seleksi terdiri dari 5 Pria dan 5 Wanita.


Selanjutnya mereka kan menjalani tahapan seleksi yang meliputi pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, uji akademik, uji jasmani dan penelusuran mental kepribadian, ujarnya.


Ditilik dari latar belakang pendidikan yang dimiliki 10 peserta seleksi SIPSS ini antara lain 1 orang S-1 Fisika (murni), 1 orang S-1 Kedokteran Umum (profesi), 2 orang S-1 Kimia (murni), 1 orang S-1 Pendidikan Bahasa Arab, 1 orang S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, 1 orang S-1 Pendidikan Olahraga, 1 orang S-1 Teknik Informatika dan 2 orang S-2 Hukum, terang Karo SDM.


Kepada para peserta seleksi, orang tua, pengawas dan panitia kiranya dapat memegang teguh Sumpah dan penandatangan pakta Integritas yang telah dilakukan sehingga terlaksananya prinsip BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) sehingga dapat menghasilkan calon anggota Polri yang Profesional, Berkualitas dan Berahklaq baik, pungkas Kombes Pol. Heru Budi Prasetyo.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan