Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin, Kapolda Sulteng: Ancaman Terorisme Jadi Tantangan Serius

Iklan

,

Iklan

iklan

Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin, Kapolda Sulteng: Ancaman Terorisme Jadi Tantangan Serius

Redaksi Palu Ngataku
21 Des 2023, 17:53 WIB Last Updated 2023-12-21T09:53:32Z

Kapolda Sulteng saat memimpin apel gelar pasukan operasi lilin tinombala 2023. (Foto: Prasta/Palu Ngataku)

Palu Ngataku -
Untuk melakukan pengecekan tahap akhir rencana pelaksanaan pengamanan Natal dan tahun baru (Nataru), Polda Sulteng menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tinombala 2023 di Lapangan Apel Polda Sulteng, Kamis (21/12/2023) sore.


Kapolda Sulteng Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH selaku pimpinan apel berkesempatan membacakan Amanat Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.


“Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 (nataru) dapat berjalan dengan optimal,” ucap Kapolda Sulteng.


Pengamanan nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan bapak Presiden Joko Widodo bahwa, “natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan,harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” tandasnya.


Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan nataru, Polri didukung TNI dan Kememtrian/Lembaga, Pemda, mitra kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi lilin 2023” selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024, kata Irjen Pol. Agus Nugroho.


Lanjut Ia juga menyebut, Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Kapolda Sulteng saat mengecek kesiapan personel terlibat operasi lilin tinombala 2023. (Foto: Prasta/Palu Ngataku)


Selanjutnya pada sisi kamtibmas, untuk menjamin pelaksanaan ibadah natal berlangsung dengan aman dan khidmat, pastikan setiap lokasi ibadah sudah disterilisasi dan libatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan sebagai wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat, tegasnya.


Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksinya, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah agar kita dapat memastikan tidak ada letupan sekecil apapun dalam pelaksanaan ibadah natal ataupun malam pergantian tahun.


Selanjutnya hal yang paling penting adalah terus tingkatkan sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas, karena hal tersebut merupakan kunci utama keberhasilan operasi.


Kepada seluruh personel saya berpesan agar senantiasa menjaga kesehatan. Jadikan pengamanan nataru sebagai sebuah kebanggaan dan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ladang ibadah.


Terakhir saya mengucapkan “selamat natal 2023 dan tahun baru 2024”. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita semua sehingga melahirkan semangat serta harapan baru, demi mewujudkan visi Indonesia emas 2045, pungkasnya.


Hadir dalam pelaksanaan Apel Operasi Lilin Tinombala 2023 antara lain unsur forkopimda, Wakapolda Sulteng, Irwasda, pejabat utama Polda Sulteng dan kepala dinas/intansi terkait.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan