Covid-19 Kembali Naik di Kota Palu, Relawan Roa Jaga Roa Ingatkan Waspada!

Iklan

,

Iklan

iklan

Covid-19 Kembali Naik di Kota Palu, Relawan Roa Jaga Roa Ingatkan Waspada!

Redaksi Palu Ngataku
17 Des 2023, 21:12 WIB Last Updated 2023-12-17T13:23:09Z

Ilustrasi seorang balita di tes covid. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku -
Virus corona kembali menyerang warga. Data terkini di Kota Palu, seorang balita berusia 11 bulan, dinyatakan positif covid dan sekarang sedang dirawat di RSU Anutapura Palu.


Terkait kembalinya virus corona di Kota Palu, Relawan Roa Jaga Roa mengingatkan masyarakat agar tidak menganggap enteng, tapi harus tetap waspada.


"Bukan hendak manakut-nakuti, tapi kami mengimbau warga agar kembali menerapkan protokol kesehatan yang pernah kita lakukan seperti sebelumnya," imbau Senior Volunteer Roa Jaga Roa Andi Mulhanan Tombolotutu.


Menurut Roa Jaga Roa, data secara nasional sejak November hingga Desember 2023 ini, tercatat sekira 267 pasien yang dirawat karena positif Covid-19 varian baru.


Relawan Roa Jaga Roa menyebut, ada kenaikan jumlah pasian terpapar Covid-19 varian baru. Berdasarkan data kementerian Kesehatan RI, pada Desember 2023 ini, tercatat sebanyak 35-40 orang dinyatakan positif Covid-19 varian baru setiap harinya.

 

"Covid-19 varian baru itu, memicu tingkat transmisi atau penularan lebih cepat dan lebih mudah menginfeksi kepada setiap orang," kata Mulhanan Tombolotutu.


Dari beberapa penjelasan para ahli, katanya, adanya gejala pneumonia seperti yang merebak di China. Kemudian ada keluhan awal pasien seperti batuk dan pilek.


"Maka sebaiknya kita kembali bermasker dan mengurangi aktivitas yang terlalu sering di luar rumah. Lebih baik kita mencegah daripada mengobati," ujarnya.


Terkait itu, Relawan Roa Jaga Roa yang bermarkas di Kompleks Radio Nebula, Jalan Rajawali 28 Palu, akan aktif kembali untuk bersama-sama pemerintah melakukan edukasi dan pencegahan dan penyebaran Covid-19 ini. (*)

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA