2 Pesawat Hercules TNI Disiapkan Angkut Bantuan ke Palestina

Iklan

,

Iklan

iklan

2 Pesawat Hercules TNI Disiapkan Angkut Bantuan ke Palestina

Redaksi Palu Ngataku
3 Nov 2023, 11:39 WIB Last Updated 2023-11-03T03:39:36Z

Pesawat Hercules TNI AU. (Foto: Istimewa) 

Palu Ngataku
- TNI menyiapkan dua pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik Angkatan Udara untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. Pengiriman bantuan ini sebagai tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"TNI menyiapkan dua pesawat Hercules dari Skadron Udara 31 dan 32. Selain itu, kita siapkan dua pesawat Hercules cadangan untuk mendukung misi tersebut," ungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Laksda Julius Widjojono dalam keterangannya, Kamis (2/11/2023).


Lebih lanjut Julius mengatakan, satu pesawat carter yakni Boeing 737 Garuda dari Polri juga akan dilibatkan dalam pengiriman bantuan untuk warga Palestina.


"Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat," ujarnya.


Saat ini, lanjut Julius, Kementerian Luar Negeri RI sedang mengajukan nota diplomatik visa terkait over flight clearance, landing permit, ground handling, dan lain-lain. Sementara Kementerian Pertahanan RI membantu pembiayaan pengiriman bantuan.


Menurut Julius, Presiden Jokowi rencananya akan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini pada Sabtu (4/11) pukul 08.30 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.


Adapun rute penerbangan tiga pesawat bantuan kemanusiaan ini antara lain Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta)-Aceh-Yangon Myanmar-New Delhi India-Abu Dhabi UEA-Jeddah Arab Saudi-El Arish Mesir. Diperkirakan bantuan akan tiba di Mesir pada Senin (6/11).

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA