Waspada! Bahaya Untuk Mata Pencarian, Inilah 5 Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

Iklan

,

Iklan

iklan

Waspada! Bahaya Untuk Mata Pencarian, Inilah 5 Makanan Baik Untuk Kesehatan Mata

Redaksi Palu Ngataku
14 Okt 2023, 11:44 WIB Last Updated 2023-10-14T03:44:51Z

Ilustrasi kesehatan mata. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
- Mata adalah salah satu organ tubuh vital dalam hidup manusia. Ia merupakan indra penglihatan berfungsi untuk menerima informasi dalam bentuk visual.


Mempertahankan pola makan yang seimbang dan sehat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata dan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit mata.


Dalam keseharian kita, mata merupakan organ tubuh yang selalu kita gunakan, hanya beristirahat pada saat kita tertidur, maka dari itu mata ini memiliki fungsi yang cukup penting untuk makhluk hidup.


Menjaga kesehatan mata bisa dilakukan dengan beberapa cara, misalnya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.


Makanan seperti apa saja yang harus kita konsumsi agar tetap menjaga kesehatan mata kita? Mari kita simak 5 makanan yang wajib kita konsumsi agar mata kita tetap sehat.


Dilansir tuturan.id dari berbagai sumber, Sabtu (14/10/2023), berikut lima makanan yang baik dan dipercaya dapat menjaga kesehatan mata.


Pertama, Wortel

Siapa yang tidak tahu fungsi wortel ini?  bahwa wortel adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Sebagai permulaan, buah ini mengandung banyak beta-karoten, antioksidan yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A.


Vitamin A membantu kita melihat di malam hari dan melindungi dari miopia (rabun jauh). Ditambah lagi, wortel juga mengandung lutein, antioksidan lainnya. Yang ini dapat membantu kita menurunkan risiko AMD.


Kedua, Bayam

Bayam merupakan sumber nutrisi lengkap dan salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. daun hijau ini juga mengandung banyak lutein, yang tercatat sebagai komponen kunci kesehatan mata. Dan bayam juga mengandung zeaxanthin.


Ketiga, Brokoli

Sebuah studi yang dipromosikan oleh American Optometric Association menemukan bahwa indole-3-carbinol, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat membantu menghilangkan racun dari retina.


Hal itu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang dewasa lanjut usia. Brokoli juga mengandung lutein dan zeaxanthin yang juga melindungi mata.


Keempat, Telur

Telur menyediakan hampir semua yang dibutuhkan mata, mulai dari lutein dan zeaxanthin hingga zinc dan vitamin A.


Sebuah penelitian pada 2019 menyimpulkan bahwa makan telur dalam jumlah sedang (sekitar dua hingga empat butir telur per pekan) secara teratur dapat mengurangi kolesterol secara signifikan, dan risiko AMD.


Kelima, Ikan Salmon

Menjaga kesehatan mata berarti menjaganya tetap terhidrasi. Beberapa makanan terbaik untuk kesehatan mata bisa bermanfaat. Ikan salmon misalnya, mengandung asam lemak omega-3.


Hal ini membantu mengurangi risiko mata kering, suatu kondisi tidak nyaman yang semakin umum terjadi seiring bertambahnya usia.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA