Peluang Karir Bagi ASN, Sulteng Usulkan 375 Formasi Arsiparis

Iklan

,

Iklan

iklan

Peluang Karir Bagi ASN, Sulteng Usulkan 375 Formasi Arsiparis

Redaksi Palu Ngataku
20 Sep 2023, 20:51 WIB Last Updated 2023-09-20T12:51:29Z

Sekprov Dra. Novalina, M.M. saat memberikan sambutan. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
- Gubernur Sulteng H. Rusdi Mastura melalui Sekprov Dra. Novalina, M.M. membuka workshop Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) pada perangkat daerah lingkup provinsi dan kabupaten/kota se Sulteng tahun 2023 pada Rabu (20/9/2023) berlangsung di aula Bapelkes.


Dalam kesempatan itu, Sekprov Dra. Novalina, M.M. mengatakan, semua urusan pemerintahan di Sulteng makin mengarusutamakan isu kearsipan, ujarnya.


Sebagai upaya percepatan, Pemprov juga mengusulkan sebanyak 375 formasi jabatan fungsional arsiparis dari jenjang terampil sampai ahli utama, ungkapnya.


Pengusulan ini kata sekprov diyakini jadi solusi atas keterbatasan tenaga arsiparis yang membuat belum optimalnya pembinaan kearsipan daerah, katanya.


Ia menyebut di dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi sebagai leading sector nya hanya memiliki 9 orang pejabat fungsional arsiparis yang dibantu 35 orang tenaga pengelola kearsipan dari unsur ASN dan honorer, beber Novalina.


Sementara di perangkat daerah lainnya tambah sekprov, baru RSUD Undata yang memiliki satu orang pejabat arsiparis, tambahnya.


“Ini sebenarnya peluang karir buat ASN untuk melirik jabatan fungsional arsiparis,” tegasnya terkait usulan formasi yang disampaikan ke pusat itu.


Sementara Direktur Kearsipan Daerah I Arsip Nasional RI (ANRI) Rudi Anton, SH, MH mengapresiasi keseriusan pemerintah provinsi untuk memajukan kearsipan di Sulteng melalui workshop GNSTA 2023.


“Bu Sekda punya komitmen yang besar untuk memajukan kearsipan di Sulawesi Tengah,” ujarnya mengapresiasi langkah pemerintah Sulteng.


Pada kesempatan itu, turut dilaksanakan penandatanganan perjanjian kesepakatan bersama peningkatan penyelenggaraan kearsipan antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota dan perjanjian yang serupa antara Sekprov selaku koordinator pembinaan dan pengawasan kearsipan daerah bersama kepala OPD terkait lingkup provinsi.


Turut hadir Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sulteng Drs. I Nyoman Sriadijaya, M.M., Kadis Kesehatan dr. Komang Adi Sujendra, Kadis Pendidikan Yudiawati V. Windarrusliana, SKM, M.Kes, Kadis Perkimtan Abdul Haris Karim, ST, MM dan pejabat terkait lingkup provinsi dan kabupaten/kota.


Sumber: Ro Adpim Setdaprov Sulteng

Iklan

Dinda Skincare space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA