Badan Terasa Pegal saat Bangun Tidur? Berikut 5 Tips Mengatasinya!

Iklan

,

Iklan

iklan

Badan Terasa Pegal saat Bangun Tidur? Berikut 5 Tips Mengatasinya!

Redaksi Palu Ngataku
17 Sep 2023, 08:42 WIB Last Updated 2023-09-17T00:42:00Z

Pegal saat bangun tidur. (Foto: Ilustrasi)

Palu Ngataku
- Banyak orang mengeluhkan capek ketika baru bangun tidur di pagi hari, meskipun sudah tidur berjam-jam dengan durasi tidur yang cukup. 


Jangankan beraktivitas, beranjak dari tempat tidur pun berat rasanya.


Lantas, bagaimana cara mengatasi rasa capek di pagi hari? Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (17/9/2023), Berikut sejumlah tips yang bisa dicoba:


1. Mulai Hari dengan Segelas Air Putih

Dilansir dari Healthline, kelelahan di pagi hari biasanya merupakan gejala dari dehidrasi. Di tingkat yang lebih serius, dehidrasi bisa memunculkan rasa ngantuk dan perubahan mood (mood swing).


Karena hal tersebut, pastikan tubuh mendapatkan asupan air di pagi hari. Segera minum segelas air putih agar tubuh kembali terhidrasi dan siap untuk mulai menjalani rutinitas.


2. Peregangan

Sebenarnya, kenapa ya meregangkan badan di pagi hari terasa sangat menyegarkan? Rupanya saat tidur di malam hari, otot tubuh berada dalam kondisi kelumpuhan tidur atau sleep atonia.


Ketika melakukan peregangan usai bangun di pagi hari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon endorfin ini yang membantu menghilangkan rasa pegal pada tubuh, mengurangi stres, dan memperbaiki mood.


3. Sarapan Tinggi Nutrisi

Sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Karenanya, pastikan menu sarapan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk dapat menjalani aktivitas.


Adapun menu sarapan yang dianjurkan adalah makanan tinggi protein, biji-bijian utuh, kacang-kacangan, serta buah-buahan yang rendah gula.


4. Kurangi Asupan Kopi

Kafein yang terkandung dalam kopi memang bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih bersemangat. Tapi terlalu banyak menenggak kopi bisa membuat tubuh merasa sangat lelah di penghujung hari.


Sebuah studi juga menemukan meminum lebih sedikit kopi dapat mengurangi rasa lelah pada tubuh saat bangun di pagi hari.


5. Meditasi

Terkadang, perasaan mager muncul akibat tekanan di lingkungan kerja. Mengatasi kondisi ini, cobalah luangkan sedikit waktu di pagi hari untuk bermeditasi dan menenangkan pikiran.


Selain dapat mengusir stres, meditasi di pagi hari juga bisa mengontrol perasaan cemas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA