Olahraga 3 Detik, 3 kali Dalam Seminggu Bikin Anda Lebih Kuat

Iklan

,

Iklan

iklan

Olahraga 3 Detik, 3 kali Dalam Seminggu Bikin Anda Lebih Kuat

Redaksi Palu Ngataku
22 Agu 2023, 12:08 WIB Last Updated 2023-08-22T04:08:55Z

Ilustrasi Olahraga. (Foto: Pexels)
Palu Ngataku - Sebuah studi mengemukakan olahraga hanya selama tiga detik dalam tiga kali seminggu dapat membuat Anda lebih kuat. Para ilmuwan meminta sukarelawan muda untuk melakukan satu kontraksi bisep tiga detik, baik dua atau tiga hari seminggu selama empat pekan.

 

Seperti dikutip dari laman Mirror, Selasa (22/8/2023), penelitian mendapati lengan mereka yang berolahraga dua kali seminggu tidak menunjukkan perubahan.

Namun, pada kelompok tiga kali seminggu menjadi lebih kuat. Kekuatan mereka dalam mengangkat beban naik rata-rata 2,5 persen. Jika mereka menurunkan berat badan, kekuatan mereka meningkat sebesar 3,9 persen.

"Pekerjaan kami telah menunjukkan bahwa olahraga teratur dan singkat lebih bermanfaat daripada satu atau dua sesi latihan besar dalam seminggu," ungkap Pemimpin studi Prof Kazunori Nosaka dari Universitas Edith Cowan Australia.

"Sekarang, kami memiliki gagasan yang lebih jelas tentang di mana titik kritisnya adalah di mana Anda mulai melihat manfaat yang berarti dari latihan yang minimal," sambungnya.

Lebih lanjut Nosaka menambahkan, adaptasi otot terjadi saat kita istirahat, sehingga otot membutuhkan istirahat untuk meningkatkan kekuatan dan massa ototnya.

"Perlu dicatat bahwa latihan itu hanya tiga detik, jadi istirahat di antara latihan dalam penelitian mendekati 28.800 kali lebih banyak daripada waktu latihan. Tetapi otot tampaknya lebih sering dirangsang, terutama untuk volume kecil latihan penguatan otot," jelasnya.

Nosaka mengakui bahwa bagi sebagian orang, 20 menit berolahraga sehari tidak mungkin dan menyatakan bahwa hanya lima menit sehari dapat membuat perbedaan.

"Tentu saja, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi penelitian terbaru kami menunjukkan pentingnya mengumpulkan sedikit olahraga sesering mungkin dalam seminggu," terangnya.

"Penting untuk dicatat bahwa olahraga yang sangat kecil pun dapat membuat perbedaan bagi tubuh kita, jika dilakukan secara teratur," imbuhnya.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan