Kalah 3-1, Tim Putra Sulteng Harus Akui Ketangguhan Tim Jateng

Iklan

,

Iklan

iklan

Kalah 3-1, Tim Putra Sulteng Harus Akui Ketangguhan Tim Jateng

Redaksi Palu Ngataku
16 Agu 2023, 09:45 WIB Last Updated 2023-08-16T01:45:56Z

Sulteng kalah atas Jateng dengan skor 3-1. (Foto: Humas Polda Sulteng)

Palu Ngataku
- Setelah meraih kemenangan 3-2 atas provinsi Riau dalam laga perdana penyisihan grup B wilayah timur Kapolri Cup 2023 di GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik, Jawa Timur, Sulawesi Tengah harus mengakui ketangguhan tim Jawa Tengah saat bertanding di arena yang sama, Selasa (15/08/2023) malam. Tim  Sulteng kalah atas Jateng dengan skor 3-1.


Pada laga kali ini, pelatih Sulteng, Eduardus Raja tetap menerapkan susunan pemain yang sama seperti pertandingan sebelumnya. Yuga (open spike), Andre Krisdiamtomo (open spike) Arif hamdan (setter), Putu Yudis (middle bloker), Yosep (middle bloker), dan Dimas Saputra pertama (outside hitter).


Set pertama berlangsung ketat hingga saling mengejar angka. Namun Sulteng bisa memimpin 12-9 berkat poin demi poin yang disumbangkan Dimas Saputra.


Sisa dua angka lagi menuju gim poin, Sulteng justru banyak melakukan kesalahan terutama penerimaan bola. Alhasil, Jateng mampu mengejar ketertinggalan hingga jadi 24-24 dan memenangkan pertandingan set pertama, 29-27.


Set kedua permainan sepenuhnya dikuasai oleh Jateng. Kurangnya variasi serangan tim Sulteng mampu dengan mudah dibaca oleh tim Jateng yang dimotori Stefhanus dkk. Pukulan Dimas sudah sangat mudah untuk dibaca dan beberapa kali diblok oleh lawan. Belum lagi kesalahan penerimaan bola yang kerap kali dilakukan pemain Sulteng.


Sebaliknya, Jateng yang diperkuat setter eks pemain timnas Bagus Wahyu bermain lebih atraktif. Serangan cepat mereka sangat sulit dibaca oleh middle bloker Sulteng untuk mencetak angka demi angka. Sulteng harus kembali kalah di set ini dengan skor 26-24.


Meski bermain lebih atraktif, Jateng bukannya tanpa celah. Terbukti saat unggul poin 23-20, Jateng justru melakukan kesalahan untuk menambah poin Sulteng. Dimas masih jadi mega bintang tim Sulteng untuk menyumbang angka hingga akhirnya menyudahi set ketiga dengan skor 28-26.


Pada set ke empat, Jateng masih dominan menguasai permain. Lewat variasi serangan dan blok, mereka mampu menjaga marjin poin hingga tiga angka. Sulteng akhirnya harus takluk atas Jateng dengan skor 3-1.


Karo Ops Polda Sulteng, Kombes Pol Maksi Pasule, yang menyaksikan langsung laga ini bersama manajer, Kombes Pol Dody Darjanto turut memberi komentar atas hasil pertandingan. Menurutnya, permainan antar kedua tim sudah berjalan sangat ketat dan Sulteng sudah berjuang dengan gigih.  Meski demikian, mantan pemain voli ini era 90-an mengatakan ada beberapa hal yang harus diperbaiki tim putra Sulteng terutama strategi dan kemistri antar pemain di lapangan.


"Permainan sudah yang terbaik diberikan oleh para pemain. Yang penting percayakan sama teman.  Jika sudah di lapangan, itu pemain semua yang punya lapangan, bukan satu orang saja. Artinya jangan andalkan satu orang. Karena kita ini sebuah tim, bukan perorangan.” ucapnya.


Atas kekalahan ini, Sulteng harus menunda euforia menembus babak 8 besar Kapolri Cup 2023. Sulteng harus wajib menang menghadapi Banten di laga pamungkas untuk membuka peluang berlaga di babak selanjutnya. (*).

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan