6 Warga Papua Tengah Meninggal Disebabkan Kelaparan Dampak Fenomena El Nino

Iklan

,

Iklan

iklan

6 Warga Papua Tengah Meninggal Disebabkan Kelaparan Dampak Fenomena El Nino

Redaksi Palu Ngataku
1 Agu 2023, 09:14 WIB Last Updated 2023-08-01T01:14:34Z

Bencana kelaparan di Distrik Agandugume dan Lambewi, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
Enam warga dinyatakan meninggal dunia disebabkan bencana kelaparan di Distrik Agandugume dan Lambewi, Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Bencana kemanusiaan tersebut terjadi akibat dampak dari fenomena El Nino.


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menjelaskan pihaknya bersama stakeholder segera mengirimkan bantuan ke Papua Tengah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sudah menginstruksikan agar segera mengirimkan logistik untuk mencegah korban kelaparan semakin banyak.

“Saat ini kita berbicara dampak adanya El Nino di wilayah Indonesia. Contohnya di Papua ini. Kami akan berangkat ke sana untuk memberikan bantuan,” terang Suharyanto, Senin (31/7/2023).

Masih dari keterangannya, kelaparan yang terjadi di Papua Tengah disebabkan munculnya perubahan iklim yang harus menjadi perhatian.

“Di sana ada hujan es, jadi tanaman-tanaman masyarakat jagung di sana mati karena ada fenomena kedinginan yang luar biasa,” ucapnya.

“Ada beberapa ribu orang masyarakat Papua, letaknya di Papua Tengah ini yang mengalami kelaparan, sampai ada yang 6 orang meninggal,” tandasnya.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan