5 Manfaat Kencur, Cegah Kanker Hingga Kesehatan Jantung

Iklan

,

Iklan

iklan

5 Manfaat Kencur, Cegah Kanker Hingga Kesehatan Jantung

Redaksi Palu Ngataku
6 Agu 2023, 08:30 WIB Last Updated 2023-08-06T00:30:25Z

Kencur baik untuk kesehatan. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
Kencur biasa dikenal sebagai bumbu rempah yang digunakan untuk memperkaya cita rasa berbagai masakan seperti urap, bumbu pecel, dan tentu saja seblak.


Selain sebagai bumbu masakan, kencur yang tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia dan banyak dibudidayakan masyarakat juga biasa digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (6/8/2023), berikut sederet manfaat kencur bagi kesehatan tubuh:

1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kencur mengandung senyawa-senyawa bioaktif yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari penyakit.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, dan mencegah penggumpalan darah.

3. Jaga Kesehatan Otak
Kencur mengandung senyawa yang dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan otak. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan potensi kencur dalam melindungi otak dari kerusakan dan penyakit degeneratif.

4. Turunkan Tekanan Darah
Kencur telah lama digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

5. Mencegah kanker
Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali karena adanya perubahan sifat genetik atau mutasi gen. Jika tidak ditangani sejak dini, kanker dapat menyebar ke jaringan lain dalam tubuh atau metastasis dan semakin sulit ditangani.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan