Hindari, Ini 5 Posisi Duduk yang Membahayakan Kesehatan

Iklan

,

Iklan

iklan

Hindari, Ini 5 Posisi Duduk yang Membahayakan Kesehatan

Redaksi Palu Ngataku
11 Jul 2023, 14:46 WIB Last Updated 2023-07-11T06:46:11Z

Ilustrasi Posisi Duduk. (Foto: Istimewa/Palu Ngataku)

Palu Ngataku
Sebagian orang kerap menghabiskan waktu lebih banyak duduk di kursi saat bekerja atau sofa saat menonton tv. Postur tubuh kita juga memainkan peran kunci, tidak hanya dalam kesehatan sendi dan tulang tetapi juga semua aspek kesehatan termasuk pencernaan.


Menjaga tulang belakang tetap lurus dan mengadopsi postur tubuh yang baik dapat membantu Anda merasa aktif, energik, dan bebas dari rasa sakit, nyeri, dan kaku.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berdiri atau duduk tegak juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengisi Anda dengan pikiran yang memberdayakan.

Seperti dikutip dari laman Hindustan Times, Selasa (11/7/2023), dokter Pappuu Rajashekar selaku konsultan ahli bedah ortopedi CARE Rumah Sakit Malakpet, Hyderabad membagikan lima posisi duduk berbahaya yang harus dihindari.

1. Membungkuk atau Membungkuk ke Depan
Postur ini melengkung di punggung atas, mendorong leher ke depan, dan bahu merosot. Ini membuat ketegangan berlebihan pada leher, bahu, dan punggung bagian bawah. Latihan untuk memperbaikinya shoulder blade squeeze.

2. Menyilangkan Kaki
Duduk dengan kaki bersilang di lutut dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, distribusi berat badan yang tidak merata, dan potensi kompresi saraf. Latihan untuk memperbaikinya seated figure-four stretch.

3. Duduk dengan Bahu Membulat
Bahu yang membulat terjadi ketika bahu membungkuk ke depan, menyebabkan punggung bagian atas membulat. Postur ini dapat menyebabkan nyeri leher, bahu, dan punggung bagian atas. Latihan untuk memperbaikinya chest opener.

4. Duduk dengan Pergelangan Kaki Bersilang
Duduk dengan menyilangkan pergelangan kaki dapat menyebabkan keselarasan pinggul yang tidak seimbang dan peningkatan ketegangan pada punggung bagian bawah. Latihan untuk memperbaikinya ankle-to-knee stretch.

5. Mencondongkan Tubuh ke Depan dengan Punggung Membulat
Mencondongkan tubuh ke depan dengan punggung yang membulat dapat membuat tulang belakang Anda tegang dan menyebabkan sakit punggung. Latihan untuk memperbaikinya seated cat-cow stretch.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan