40 Pejabat Administrator Lingkup Sulteng Dinyatakan Lulus PKA

Iklan

,

Iklan

iklan

40 Pejabat Administrator Lingkup Sulteng Dinyatakan Lulus PKA

Redaksi Palu Ngataku
12 Jul 2023, 18:11 WIB Last Updated 2023-07-12T10:11:06Z

Asisten Administrasi Umum M. Sadly Lesnusa S.Sos, M.Si. (Foto: Biro Adpim Sulteng/Palu Ngataku)

Palu Ngataku
- Sebanyak 40 orang peserta pejabat administrator lingkup pemerintah provinsi Sulawesi Tengah dinyatakan lulus dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA).


Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan ke-XI yang telah berlangsung selama 105 hari, tepatnya 8 Maret 2023 hingga 12 Juli 2023 bertempat di ruang Diklat Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Sulawesi Tengah.


Dari ke-40 orang peserta, tiga orang dinyatakan sebagai peserta terbaik yakni peringkat pertama Rahman Yape.,S.Psi, M.Psi, Psikolog, Peringkat kedua Kristian, SE, M.Si dan peringkat ketiga Fitri Rosmala Dewi Mastura., S.Sos, MM.


Gubernur Sulawesi Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum M. Sadly Lesnusa S.Sos, M.Si menyampaikan selamat kepada seluruh peserta PKA angkatan ke-XI yang telah dinyatakan lulus, terutama kepada tiga peserta terbaik yang tentu saja akan mendapatkan apresiasi dan penilaian tersendiri, ujarnya.


“Saya harap setelah mengikuti pelatihan ini tidak berhenti sampai disini, tapi harus mampu mengembangkan dan mengaplikasikan kompetensi kepemimpinan yang telah diserap selama pelatihan dan diaplikasikan di tempat kerja,” kata Lesnusa. 


Menurutnya dengan pelatihan kepemimpinan administrator diharapkan dapat memberikan perubahan sikap dalam memimpin bawahan sehingga dapat meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan, sebutnya.


Dengan pelatihan diharapkan dapat mencetak pemimpin yang memiliki kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja sehingga mampu melaksanakan kegiatan dengan baik dan efisien, tambahnya.


Mengakhiri sambutannya, Gubernur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota instansi asal peserta, coach, mentor, panitia penyelenggara serta ucapan selamat kepada para peserta PKA angkatan XI yang telah dinyatakan lulus, terangnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Manajerial dan Fungsional BPSDMD selaku panitia pelaksana Moh. Fadli S.Pd mengatakan, selamat dan apresiasi kepada para peserta PKA Angkatan ke XI yang telah dinyatakan lulus, terutama kepada tiga peserta terbaik, ucapnya.


Tujuan penyelenggaraan pelatihan mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial, jabatan administrator sehingga dapat menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator, ungkapnya.


Adapun sasaran, peserta memiliki kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan yang sudah direncanakan dengan baik dan efisien sesuai dengan SOP dan terselenggaranya peningkatan kinerja organisasi secara berkesinambungan, jelasnya.


Dasar penilaian tiga terbaik setelah melalui serangkaian tahapan evaluasi mencakup evaluasi akademik, evaluasi studi lapangan kinerja organisasi, evaluasi sikap perilaku, evaluasi pengembangan potensi diri, evaluasi aksi perubahan dan sosiometri penilaian antar peserta, bebernya.


Bertindak sebagai pengajar yakni widyaswara BPSDMD provinsi Sulawesi Tengah, narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (LAN-RI) serta narasumber dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Source: Biro Administrasi Pimpinan

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA