11 Polres di Sulteng Berkompetisi dalam Lomba Pengamanan dan Pengolahan TKP

Iklan

,

Iklan

iklan

11 Polres di Sulteng Berkompetisi dalam Lomba Pengamanan dan Pengolahan TKP

Redaksi Palu Ngataku
23 Jun 2023, 10:17 WIB Last Updated 2023-06-23T02:17:35Z

Peserta lomba olah TKP saat memperagakan beberapa adegan. (Foto: Istimewa/Palu Ngataku)

Palu Ngataku
- Mendukung Commander Wish Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol. Dr. Agus Nugroho, SIK, SH, MH dan untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, Polda Sulteng melalui Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) menggelar lomba Pengamanan dan Pengolahan Tempat Kejadian Perkara (TKP).


Poin Commander wish itu adalah mewujudkan penegakkan hukum berkeadilan, karena dari Pengamanan dan Pengolahan TKP yang teliti, benar dan cermat, maka suatu persitiwa tindak pidana akan dapat mengungkap siapa pelakunya.


Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sulteng Kombes Pol Parojahan Simanjuntak S.I.K., mewakili Kapolda Sulteng, membuka langsung lomba Pengamanan dan Pengolahan TKP  dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 di Rupatama Polda Sulteng, Kamis (22/6/2023).


Dalam sambutannya Dirreskrimum mengatakan “bahwa lomba ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme anggota kepolisian dalam menjalankan tugas di lapangan,” ujarnya.


Selain menjadi ajang perlombaan kata Parojahan Simanjuntak, kegiatan ini juga diharapkan dapat melatih anggota dalam mengamankan dan mengolah TKP dengan baik, ungkapnya.


Kombes Pol Parojahan juga menegaskan, bahwa lomba ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kemampuan anggota Polri. Dalam situasi apapun, kehadiran anggota polisi di lapangan sangat diperlukan dan diharapkan selalu siap. Terlebih lagi, saat terjadi suatu kejadian yang membutuhkan olah TKP, terangnya.


Olah TKP memiliki tujuan untuk mencari dan mengumpulkan barang bukti yang akan menjadi petunjuk bagi penyidik dalam mengungkap dan menemukan pelaku tindak pidanan, jelasnya.


Oleh karena itu, ia berpesan setiap anggota polri diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya agar pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal, sebutnya.


Dengan adanya lomba ini, diharapkan anggota polisi dapat terus mengembangkan kemampuan mereka dalam menjaga keamanan dan mengolah TKP. Hal ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pelayanan kepolisian kepada masyarakat, pungkas Dirreskrimum.


Untuk diketahui lomba Pengamanan dan Pengolahan TKP dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023 diikuti oleh 11 tim dari Polres jajaran Polda Sulteng kecuali Polres Morowali Utara dikarenakan jumlah tim inafisnya tidak memenuhi syarat lomba.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan