Studi: Makan Kurma Bisa Mencegah Kanker Pankreas

Iklan

,

Iklan

iklan

Studi: Makan Kurma Bisa Mencegah Kanker Pankreas

Redaksi Palu Ngataku
3 Apr 2023, 11:35 WIB Last Updated 2023-04-03T03:35:48Z

Berikut ini cek fakta tentang kurma yang baik dikonsumsi saat buka puasa (Sumber: Freepik)

Palu Ngataku
Sebuah studi yang dilakukan oleh SQU Research mengungkapkan makan kurma dapat melindungi pankreas dari berbagai jenis penyakit, termasuk salah satunya kanker.

Seperti dilansir dari laman Omano Observer, Senin (3/4/2023), kurma juga bermanfaat untuk kesehatan otak, mengatur tekanan darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Satu tim peneliti dari Sultan Qaboos University, yang dipimpin dr Yunus Baqi menemukan kurma bisa mengurangi peradangan dan fibrosis hati.

Hal tersebut disinyalir karena kurma mengandung sejumlah antioksidan kuat dan polifenol persentase tinggi yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Dengan mempunyai fungsi antiperadangan, kurma diyakini bisa mencegah kerusakan sel yang dapat memicu kanker, khususnya kanker pankreas.

"Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang paling agresif dan paling susah diobati. Salah satu cara terbaik untuk mencegah dari kanker pankreas adalah makan kurma," demikian tulis laporan tersebut.

Kurma memiliki 15 kandungan mineral yang penting, termasuk selenium atau elemen yang dipercayai dapat membantu mencegah kanker. Selain itu, kurma juga mengandung 23 jenis asam amino yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Meski begitu, konsumsinya juga tetap tidak boleh berlebihan. Studi menganjurkan untuk mengonsumsi kurma bersamaan dengan sumber protein atau lemak lainnya, seperti kacang almon, untuk turut membantu menyeimbangkan kadar gula darah. ***

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan