Mudik Lebaran, Kapolri Siapkan Operasi Ketupat Selama Satu Bulan

Iklan

,

Iklan

iklan

Mudik Lebaran, Kapolri Siapkan Operasi Ketupat Selama Satu Bulan

Redaksi Palu Ngataku
7 Apr 2023, 11:33 WIB Last Updated 2023-04-07T03:33:48Z

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerangkan, persiapan pengamanan persiapan mudik 2023.


Menurut Kapolri, operasi rutin bakal ditingkatkan satu minggu sebelum Idul Fitri.


Hal tersebut disampaikan Kapolri pasca mengikuti rapat lintas sektoral bersama para menteri untuk mematangkan kesiapan pengamanan arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 2023, di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 6 April 2023.


Kapolri melanjutkan, demi mengamankan pelaksanaan mudik tahun 2023 ini, kepolisian sudah mempersiapkan Operasi Ketupat yang dilakukan terpusat.


"Namun, untuk melaksanakan pra-kondisi kami melaksanakan operasi rutin yang ditingkatkan satu minggu sebelum tanggal 18 April dan satu minggu setelah tanggal 1 Mei. Sehingga kurun waktu total hampir 1 bulan," kata Kapolri kepada awak media, Kamis 6 April 2023.


Sigit melanjutkan, rapat lintas sektoral tersebut dilakukan sejak dini untuk menindaklanjuti instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).


Jokowi pun meminta agar pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2023 jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.


Apalagi, berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan jumlah pemudik pada tahun ini meningkat ketimbang di tahun 2022 lalu.


Alasannya, Polri dan instansi lintas sektoral melakukan pemantapan kesiapan sejak dini serta memperkuat soliditas sekaligus sinergitas.


"Karena itu tentunya kami melaksanakan rakor lintas sektoral lebih awal untuk melaksanakan evaluasi sekaligus melakukan sinergitas dalam langkah perbaikan manajemen terkait dengan rekayasa maupun persiapan lain," tandasnya.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA