5 Tips Cara Menghemat Baterai Ponsel Saat Mudik Lebaran, Poin 3 Sering di Abaikan!

Iklan

,

Iklan

iklan

5 Tips Cara Menghemat Baterai Ponsel Saat Mudik Lebaran, Poin 3 Sering di Abaikan!

Redaksi Palu Ngataku
17 Apr 2023, 15:22 WIB Last Updated 2023-04-17T07:22:45Z

Ilustrasi daya baterai handphone yang sekarat (sumber/foto:pixabay.com)
Palu Ngataku - Perayaan Hari Raya Idulfitri 2023 tinggal hitungan hari, sudah banyak masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik Lebaran meskipun Hari Raya Idulfitri masih cukup lama.


Banyak masyarakat yang sudah melakukan perjalanan mudik Lebaran terlebih dahulu, hal ini dilakukan untuk menghindari kemacetan padat pada hari H penetapan Hari Raya Idulfitri.


Dalam perjalanan mudik Lebaran ini tentunya banyak barang yang sudah dipersiapkan sejauh hari untuk digunakan pada saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.


Salah satu barang yang wajib di bawa dan sangat berpengaruh pada kegiatan sehari-hari ialah Handphone (HP).


Handphone ini adalah barang yang sangat wajib dibawa kemana pun dan dimanapun, karena kegunaan barang satu ini memiliki manfaat yang banyak dan banyak sekali membantu pengguna dalam menjalankan aktivitas nya sehari-hari.


Dalam melakukan perjalanan mudik lebaran pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, penting untuk menghemat baterai Handphone (HP) selama perjalanan. 


Pasti Anda bertanya bagaimana sih cara menghemat baterai Handphone saat melakukan perjalanan mudik lebaran?


Tetap tenang, pada ulasan ini akan dibagikan tips dan cara menghemat baterai Handphone pada saat sedang dalam perjalanan mudik lebaran.


Handphone juga merupakan salah satu barang yang memiliki beberapa peran dalam melakukan perjalanan mudik lebaran misalnya, mengambil foto atau gambar sekitar perjalanan jika pemandangan nya dianggap menarik. 


Tak hanya itu, Handphone juga sangat dibutuhkan jika Kita melakukan perjalanan mudik lebaran yang cukup lama tentu membuat bosan bukan? Dan solusinya pastinya memainkan Handphone untuk menghilangkan rasa bosan maupun suntuk dalam melakukan perjalanan mudik lebaran.


Namun penggunaan Handpone yang terlalu sering akan menguras daya baterai. Di perjalanan pasti akan sulit menemukan tempat untuk mengisi daya ponsel. Solusinya bisa dengan pakai power bank, tetapi power bank pun hanya dapat mempertahankan baterai ponsel sementara karena dia juga perlu dicas.


Nah untuk, ada beberapa tips untuk menghemat daya baterai ketika melakukan perjalanan, berikut ini akan di paparkan, silahkan di simak!


1. Aktifkan Mode Pesawat

Cara Menghemat baterai yang pertama adalah dengan Mengaktifkan mode pesawat (airplane mode). Cara ini akan sangat menghemat pemakaian baterai. Namun perlu diingat, mengaktifkan mode ini maka kondisi handphone akan offline atau tidak memiliki koneksi internet.


2. Kurangi Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai HP yang kedua adalah dengan mengurangi kecerahan layar ponsel. Kecerahan layar yang tinggi dapat menguras kapasitas baterai. Oleh karena itu, pastikan tingkat kecerahan HP berada pada tingkat yang ideal.


Terkait kecerahan layar dapat diatur di menu setting atau pengaturan. Atau bisa juga dengan mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis yang tersedia, yang akan menyesuaikan kecerahan layar dimana pun pemilik ponsel berada.


3. Batasi Penggunaan Kamera

Tidak ada salahnya mendokumentasikan perjalanan mudik atau sebuah momen dengan kamera Handphone.


Namun ingat, jangan sampai keseringan menggunakan kamera. 


Jika menggunakan kamera terlalu sering dan berdurasi lama dapat mengakibatkan Handphone alami kepanasan dan dapat menguras baterai dengan cepat.


Maka dari itu, gunakan fitur kamera seperlunya saja. Ini salah satu cara menghemat baterai HP yang bisa kamu lakukan ketika mudik.


4. Batasi Buka Aplikasi yang Boros

Selama perjalanan mudik, coba untuk membatasi penggunaan aplikasi di HP yang sekiranya akan mengurangi baterai.


Tentunya dalam melakukan perjalanan mudik lebaran yang cukup lama dan jauh pasti membuat Anda merasa bosan dan suntuk, untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut Anda pasti memainkan Handphone bukan?


Dalam perjalanan Handpone bisa digunakan akan tetapi perlu waspada karena jika terlalu sering dan lama mengoperasi penggunaan Handpone dapat mengurangi daya baterai Anda dengan cepat.


Maka dari itu, gunakan Handphone dengan seperlu mungkin agar baterai Anda tetap awet hingga sampai tujuan.


5. Nonaktifkan Fitur Lokasi

Cara menghemat baterai HP yang terakhir adalah dengan mengnonaktifkan fitur lokasi. Meski punya fungsi penting, tetapi fitur ini cukup menguras baterai. Maka dari itu, penting untuk mematikan fitur lokasi jika sudah menggunakan aplikasi GPS. Karena fitur lokasi akan terus bekerja dan mengurangi daya baterai jika tidak segera dimatikan.


Jika menggunakan tips diatas, maka daya baterai Anda dijamin awet sampai tempat tujuan.


Demikian 5 cara menghemat baterai HP yang dapat diterapkan ketika melakukan perjalanan mudik lebaran. Semoga bermanfaat!  ***


Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA