5 Penyakit Sering di Alami Saat Hari Lebaran, Poin 3 Waspada!

Iklan

,

Iklan

iklan

5 Penyakit Sering di Alami Saat Hari Lebaran, Poin 3 Waspada!

Redaksi Palu Ngataku
23 Apr 2023, 20:43 WIB Last Updated 2023-04-23T12:43:42Z

Makanan khas Lebaran. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
- Saat perayaan Idul Fitri atau Lebaran banyak hidangan yang tersaji mulai dari ketupat, opor ayam hingga rendang. Bahkan deretan kue manis juga tersedia dan menggugah selera kita untuk mencicipinya.


Meski terasa enak, mengonsumsi makanan pedas, berminyak, berlemak tinggi, dan manis secara berlebihan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (23/4/2023), berikut sejumlah penyakit yang harus diwaspadai setelah mengonsumsi makanan tersebut secara berlebihan saat Lebaran.

1. Kolesterol Tinggi
Makanan tinggi lemak dan kalori bisa menjadi penyebab kolesterol naik atau kolesterol tinggi. Jika kadar kolesterol dalam darah berlebihan, kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Asam Urat
Asam urat juga merupakan penyakit yang harus diwaspadai saat Lebaran. Sebab, kondisi ini bisa muncul akibat mengonsumsi makanan seperti daging, jeroan, emping hingga kaldu gurih secara berlebihan.


3. Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan masyarakat saat Lebaran. Penyakit ini juga sering kambuh karena konsumsi makanan tinggi garam yang berlebihan.

4. Radang Tenggorokan
Makanan pedas dan berminyak dapat merusak lapisan pelindung tenggorokan, sedangkan minuman dingin dapat memperburuk peradangan pada tenggorokan.

5. Diabetes
Kadar gula yang tinggi dalam tubuh akibat mengonsumsi makanan tinggi gula saat Lebaran seperti kue kering, nasi hingga sirup yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes.

Iklan

Dinda Skincare space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA