4 Rekomendasi Minuman Sehat dan Nikmat untuk Buka Puasa

Iklan

,

Iklan

iklan

4 Rekomendasi Minuman Sehat dan Nikmat untuk Buka Puasa

Redaksi Palu Ngataku
3 Apr 2023, 16:09 WIB Last Updated 2023-04-03T08:09:55Z

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
 - Setelah berpuasa sejak terbit fajar, saat berbuka puasa tentu tubuh perlu dihidrasi dengan banyak minum. Ada baiknya mengonsumsi minuman sehat yang memang direkomendasikan. Karena dengan minuman sehat bisa membawa beragam manfaat tambahan seperti memasok energi, mengisi elektrolit yang hilang selama berpuasa, dan mendukung proses detoksifikasi.


Berikut rekomendasi minuman sehat yang dinilai baik dan disarankan untuk berbuka puasa.

1. Air Kelapa
Air kelapa sangat direkomendasikan untuk berbuka puasa karena mampu menghidrasi tubuh sekaligus mengisi kembali elektrolit tubuh yang hilang selama berpuasa. Apalagi, di dalam 100 ml air kelapa setidaknya terdapat 105 mg natrium, 250 mg kalium, 25 mg magnesium, 24 mg kalsium, dan 20 mg fosfor.


Beragam jenis elektrolit yang terkandung pada air kelapa berperan penting untuk menjaga kerja sistem saraf, kontraksi otot, termasuk otot jantung, menjaga keseimbangan pH atau tingkat keasaman tubuh, dan menjaga keseimbangan cairan.


2. Jus Buah
Jus buah atau smoothies juga bisa jadi pilihan minuman sehat saat berbuka puasa. Ada beragam jenis buah dengan kandungan air tinggi yang bisa dibuat jus, seperti semangka, melon dan blewah. Selain mampu menghidrasi tubuh, buah tersebut juga kaya kandungan nutrisi penting bagi tubuh, termasuk serat, vitamin dan mineral. Supaya lebih sehat, hindari menambahkan gula, susu kental manis atau pemanis buatan berlebihan.


3. Infused Water
Untuk berbuka puasa, minum infused water juga menyehatkan tubuh. Infused water adalah minuman yang dibuat dari campuran air putih dengan buah-buahan atau rempah-rempah, seperti lemon, jeruk nipis, stroberi, daun mint dan kayu manis.


Selain membantu menghidrasi tubuh, infused water yang ditambah buah juga bisa membantu meningkatkan energi, membantu penurunan berat badan, hingga mendukung proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh.


4. Susu
Segelas susu juga merupakan pilihan minuman yang baik untuk kamu konsumsi saat berbuka puasa. Karena, kandungan protein dalam susu bermanfaat untuk membuat perut terasa kenyang. Dengan begitu, bisa terhindar dari risiko peningkatan berat badan akibat makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan