Identik dengan Ramadhan, Ini Lima Buah Makan Blewah untuk Kesehatan

Iklan

,

Iklan

iklan

Identik dengan Ramadhan, Ini Lima Buah Makan Blewah untuk Kesehatan

Redaksi Palu Ngataku
27 Mar 2023, 10:18 WIB Last Updated 2023-03-27T02:18:48Z

Tak hanya menyegarkan, buah blewah mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Pixabay)

Palu Ngataku
Saat bulan Ramadhan, buah blewah menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari dan menjadi buah favorit yang dijadikan menu untuk berbuka puasa. Buah blewah seringkali digunakan untuk membuat sajian es buah yang menyegarkan.

Tak hanya menyegarkan, buah blewah mengandung manfaat untuk kesehatan tubuh. Blewah tergolong labu-labuan atau Cucurbitaceae sangat mirip dengan buah melon atau timun.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (26/3/2023), berikut manfaat yang dapat kamu peroleh jika mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa di bulan Ramadhan.

1. Mencegah Dehidrasi
Untuk menghindari dehidrasi, mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa dapat dijadikan suatu pilihan karena memiliki kadar air yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan dapat mencegah dehidrasi.

2. Meningkatkan Fungsi Penglihatan
Mengonsumsi blewah setiap hari saat bulan puasa dapat meningkatkan fungsi penglihatan mata. Vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid yang ada dalam blewah dapat menjaga kesehatan mata sekaligus mengurangi risiko katarak.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Buah blewah yang kaya akan mineral dan antioksidan dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Kandungan kalium yang terdapat pada buah blewah juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontrasi dengan optimal.

4. Mencegah Sembelit
Buah blewah selain kaya akan vitamin dan mineral, buah ini mengandung serat yan tinggi. Serat yang tinggi sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus dan kesehatan pencernaan.

Selain itu, buah blewah juga baik bermanfaat untuk membuang racun, mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

5. Meningkatkan Imun Tubuh
Buah blewah mengandung senyawa yang disebut fitonutrien. Fitonutrien ini diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. Vitamin A dalam blewah dapat meningkatkan kekebalan dan produksi sel darah putih.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan