5 Tips Sehat Jalani Puasa Ramadhan, Hindari Makan Manis Hingga Merokok

Iklan

,

Iklan

iklan

5 Tips Sehat Jalani Puasa Ramadhan, Hindari Makan Manis Hingga Merokok

Redaksi Palu Ngataku
29 Mar 2023, 14:27 WIB Last Updated 2023-03-29T06:27:27Z

Ilustrasi orang berprestasi. (Foto: Istimewa)

Palu Ngataku
Para ahli kesehatan sepakat menjalani puasa di bulan Ramadhan terbukti bermanfaat bagi kesehatan. Umat muslim akan berpusa selama 30 hari penuh mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Puasa dipercaya dapat mengurangi kolesterol jahat untuk menjaga kesehatan jantung kita, membantu mendetoksifikasi racun, dan mengontrol gula darah dengan mempertahankan kadar gula yang optimal.

Seperti dilansir dari laman Prime Plus Medical, Rabu 29 Maret 2023, berikut ini beberapa tips puasa Ramadhan agar Anda tetap fit menjalaninya.

1. Hindari Minum Terlalu Banyak
Hindari mengonsumsi banyak air sebelum dan sesudah berpuasa. Secara alami, pagi hari adalah waktu bagi tubuh untuk mengeluarkan feses.

Usai makan saat berbuka puasa juga merupakan waktu istirahat. Minum terlalu banyak akan membuat Anda sering buang air kecil. Kemungkinan dehidrasi saat puasa akan besar. Sebaliknya, cobalah minum perlahan agar penyerapan air Anda lebih baik.

2. Hindari Makanan Berlemak
Ada beberapa jenis makanan yang bisa membuat Anda berpeluang gagal puasa. Anda tidak harus menjauhinya tetapi tetap mengontrol porsi Anda saat fajar.

Rentang waktu puasa di Indonesia adalah 12-13 jam. Oleh karena itu, kita perlu memenuhi tubuh kita dengan nutrisi agar puasa juga bisa berjalan maksimal.

Kita cenderung mudah lelah saat makan makanan berlemak di pagi hari. Selain itu, makanan dengan kadar garam tinggi cenderung menyebabkan rasa haus yang membakar.

3. Hindari Makanan Pedas
Konsumsi kafein bersifat diuretik. Ini adalah kondisi dimana tubuh akan kehilangan air lebih cepat. Ini membuat mekanisme sering buang air kecil dan dehidrasi.

4. Hindari Makanan dan Minuman Manis
Kandungan gula yang tinggi pada gula pengawet dan karbohidrat juga tidak dianjurkan karena akan menimbulkan asam tubuh Anda. Konsumsilah buah-buahan yang mengandung pemanis alami agar cepat merasa kenyang.

Saat berbuka puasa, makanan manis memang mengembalikan energi tubuh yang hilang. Namun, sebagian besar justru akan menyebabkan lonjakan gula darah yang berbahaya, terutama penderita diabetes.

5. Hindari Merokok Saat Berbuka
Banyak perokok aktif yang mengalami sensasi mulut masam saat puasa dan mungkin saat jam buka puasa sudah tidak sabar ingin merokok. Rokok mengandung bahan kimia seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida.

Memasukkan zat berbahaya ini saat perut kosong bisa menyebabkan sakit maag, mual, dan maag karena merokok mengurangi kandungan natrium bikarbonat, zat kimia tubuh untuk menetralkan asam lambung yang dikeluarkan oleh pankreas.

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan