19 OPD Lingkup Provinsi Sulteng di Periksa Tim Pengendalian Teknis Inspektorat Jenderal Kemendagri

Iklan

,

Iklan

iklan

19 OPD Lingkup Provinsi Sulteng di Periksa Tim Pengendalian Teknis Inspektorat Jenderal Kemendagri

Redaksi Palu Ngataku
2 Jul 2022, 08:10 WIB Last Updated 2022-07-02T00:10:04Z


PALUNGATAKU.COM, PALU
Ketua Tim Pengendali Teknis Inspektorat Jenderal Kemendagri Wiratmoko beserta rombongan Berkunjung ke Kantor Gubernur Sulawesi Tengah. Bertempat diruang kerja Gubernur. Jumat, (1/7/22).

Ketua Tim Pengendali Teknis Inspektorat Jenderal Kemendagri Wiratmoko menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Irjen Kemendagri terkait penyelenggaraan pemerintahan berlangsung selama 10 hari dan yang menjadi objeknya adalah 19 OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kami dari Tim Irjen mengucapkan terima kasih pak Gubernur atas fasilitasinya terkait dengan pelaksanaan pemeriksaan” Ucap Beliau diawal sambutanya.

Adapun 19 OPD yang menjadi Objek pemeriksaan yakni; Biro Umum, Biro Organisasi, Biro Hukum, Biro Pemerintahan, Biro Ekonomi, Badan Kesbangpol, Bappeda, Bapenda, Satpol-PP, Inspektorat, Dinas Perumahan dan Pemukiman, BPKD, Sekretariat DPRD, Dinas Kesehatan, Dinas PMD, Dinas Kominfo, Dikjar, Dinas Dukcapil, Dinas PM PTSP dan BKD.

Beliau juga mengatakan bahwa pemerintah Sulawesi Tengah sudah cukup kooperatif dan memenuhi seluruh data yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pemeriksaan oleh Tim Irjen Kemendagri. Sehingga apa yang diamanahkan Mendagri untuk melakukan pegawasan berjalan dengan baik.

Pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim Irjen Kemendagri dalam rangka pemeriksaan terkait peningkatan kinerja dan juga perlu menjadi perhatian bahwa penetapan target pendapatan belum optimal.

“Dalam menetapkan target pendapatan harus memperhatikan rasio pajak, pertumbuhan ekonomi dan inflasi,” Tambahnya.

Dari pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Irjen Kemendagri bahwa rasio pajak terhadap PAD mengalami penurunan artinya ; dukungan pajak terhadap pendapatan daerah mengalami penurunan, namun demikian, pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan, tingkat inflasi juga mengalami kenaikan.

“Perlu adanya penentuan target pendapatan sehingga pajak daerah sebagai unsur pembiayaan daerah bisa mendukung Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur,” Jelas Wiratmoko.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur H. Rusdy Mastura menyampaikan terimakasih kepada Tim Irjen Kemendagri yang sudah melakukan pemeriksaan dan pembinaan terhadap tugas dan fungsi OPD Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Gubernur juga mengatakan akan terus berupaya meningkatkan pendapatan fiskal daerah melalui pajak daerah serta meningkatkan peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Turut hadir : Tim Ahli Gubernur dan Kepala OPD Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng.

Iklan

Dinda Skincare space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA