Perut Buncit Ganggu Penampilan Anda? Ini Solusinya

Iklan

,

Iklan

iklan

Perut Buncit Ganggu Penampilan Anda? Ini Solusinya

Redaksi Palu Ngataku
22 Mei 2022, 10:34 WIB Last Updated 2022-05-22T02:37:53Z

Foto: Unsplash

PALUNGATAKU.COM - Perut buncit terkadang membuat seseorang merasa tidak nyaman atau bahkan tidak percaya diri. Selain itu, perut buncit juga dapat menghadirkan risiko kesehatan.

Perut buncit sendiri merupakan akibat dari pola hidup yang kurang sehat. Namun, jangan khawatir, terdapat banyak cara untuk mengecilkan perut buncit secara sehat dan benar.

Penyebab perut buncit sendiri terdiri dari banyak faktor. Mengutip Medical News Today, faktor utama penyebab perut buncit yaitu pola hidup tidak sehat. Contoh pola hidup yang tidak sehat yaitu mengonsumsi terlalu banyak gula, alkohol, jarang berolahraga, stress, merokok, serta kurang tidur.
Risiko kesehatan yang muncul karena perut buncit pun dapat bermacam-macam.

Perut buncit dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, penyakit jantung, demensia, dan jenis-jenis kanker tertentu.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana mengecilkan perut buncit. Berikut gerakan-gerakan untuk mengecilkan perut b
uncit :

1. Plank
Gerakan ini terlihat sangat mudah karena hanya merentangkan badan dan menahannya dengan siku serta tumpuan jari kaki. Akan tetapi, plank sering kali terasa sangat sulit saat dipraktikan. Mencobanya perlahan, dimulai dari 30 detik terlebih dahulu kemudian istirahat dan lakukan lagi. Jika sudah terbiasa, bisa melakukannya selama satu sampai lima menit.

2. Jogging
Jogging memiliki segudang manfaat. Berdasarkan artikel Healthline, jogging mampu menguatkan sistem imun tubuh, memberi efek positif pada hormon insulin sehingga mengurangi risiko diabetes, mencegah stress, dan tentu saja, menurunkan berat badan.

Sebenarnya bukan hanya itu, masih banyak sekali manfaat jogging mulai dari kesehatan fisik hingga psikis.

3. Berjalan kaki
Jika tidak kuat untuk jogging, berjalan kaki adalah pilihan yang tak kalah bagus. Berjalan minimal 30 menit per hari dapat mendatangkan berbagai manfaat kesehatan.

Manfaat Berjalan Kaki Sebagai Berikut:
- Mengurangi lemak tubuh
- Menjaga berat badan yang sehat
- Mencegah penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker, dan diabetes tipe 2
- Meningkatkan kardiovaskular
- Meningkatkan daya tahan otot
- Meningkatkan suasana hati, kognisi, memori, dan memperbaiki tidur Anda

Untuk mengecilkan perut buncit, dibutuhkan niat dan kedisiplinan. Lakukan gerakan-gerakan di atas secara konsisten, semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba. (*/**)

Iklan

IKLAN PEMILU 2024 space iklan