Program PKTD Berbasis Agrobisnis di Kab Sigi, Harus Libatkan Tenaga Profesional

Iklan

,

Iklan

iklan

Program PKTD Berbasis Agrobisnis di Kab Sigi, Harus Libatkan Tenaga Profesional

Team MTN
5 Des 2021, 19:11 WIB Last Updated 2022-01-15T05:09:01Z

 

Bupati Sigi, Irwan Lapata menerima kunjungan Kementerian Desa PDTT, Sabtu 4 Desember 2021. DOK

Sigi – Kementerian Desa PDTT mengimbau kepada Pemerintah Kabupaten Sigi, agar melibatkan tenaga profesional dalam pelakasanaan Program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) berbasis Agrobisnis.

“agar pelaksanaan program PKTD berbasis Agribisnis ini dapat terlaksana sesuai pedoman kementerian Desa, mohon Bapak Bupati melibatkan tenaga pendamping professional secara berjenjang” kata Perwakilan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Nursaid Mustafa, saat melakukan pertemuan bersama Bupati Sigi, Irwan Lapata, Sabtu, 4 Desember 2021.

Nursaid menambahkan, Program PKTD Berbasis Agrobisnis, menjadi bagian program prioritas yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa (PERMENDESA) Nomor 7 Tahun 2021. Hal ini  kata dia, bakal meneruskan program inovasi tersebut, kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertingggal dan Trasmigrasi, di Jakarta.

“Karena menjadi bagian program prioritas yang tertuang dalam Permendesa Nomor 7 Tahun 2021, sehingga setibanya di Jakarta, beliau akan menyapaikan program inovasi ini langsung kepada Gus Menteri Abdul Halim Iskandar,” ujar Nursaid.

Menambahkan, Bupati Sigi, Irwan Lapata yang memaparkan program PKTD Berbasis Agrobisnis  dihadapan perwakilan Kemendes PDTT, mengatakan bahwa, Program tersebut merupakan Inovasi Pemerintah Kabupaten Sigi yang diluncurkan pada tanggal 25 November 2021 lalu. Irwan berharap, program tersebut akan melahirkan komoditas kewilayaan organik yang didalamnya memiliki nilai daya saing dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan membuka peluang lapangan kerja di tiap Desa.

"Program ini nantinya akan menjadikan BUM Desa sebagai Konsolidator sekaligus Aggregator Komoditas Unggulan Desa dengan skema memanfaatkan lahan 3 Ha yang disiapkan oleh Pemerintah Daerah dan saya berharap program ini bisa menjadi perhatian Kementeria Desa,"tuturnya.

Turut hadir dalam kesempatan itu PPK Bapak Malla Rantelino, Konsultan Nasional Bapak Usman Rauf dan M. Rusdin, Koordinator TPP P3MD wilayah Sigi-Donggola Bapak Puji Raharjo, Koordinator P3MD Kabupaten Sigi Bapak Rasmadi.(Bal)

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA