Dinas Pangan Paparkan Hasil Inspeksi Lapangan

Iklan

,

Iklan

iklan

Dinas Pangan Paparkan Hasil Inspeksi Lapangan

Team MTN
30 Nov 2021, 20:10 WIB Last Updated 2022-01-15T05:09:01Z

Kepala Dinas Pangan, Abdullah Kawalusan membuka kegiatan Rapat Komisi Teknis Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D), bertempat di Aula UPT  PSM-KP, Selasa 30 November 2021. IQBAL

Palu – Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengawasan Sertifikasi Mutu dan Keamanan Pangan (PSM-KP), memaparkan hasil inspeksi lapangan dan hasil uji laboratorium kepada 5 kelompok pelaku usaha Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT) dalam Rapat Pembahasan Tim Komisi Teknis Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D), bertempat di Aula UPT  PSM-KP, Selasa 30 November 2021.

Kepala Dinas Pangan Sulawesi Tengah, Abdullah Kawalusan menyampaikan, rapat tim komisi tehnis ini bertujuan menyampaikan hasil audit administrasi, hasil audit lapangan, hasil uji laboratorium, memberikan rekomendasi dan memberikan pandangan dan pemahaman kepada petani, terkait pelaksanaan kegiatan di lapangan.

“Dalam rapat ini, dipaparkan persyaratan penerbitan nomor pendaftaran PSAT melalui persyaratan administrasi dan teknis, yakni proses produksi, sanitasi lingkungan dan kelengkapan administrasi dan hasil uji laboratorium,” terangnya.

Abdullah menambahkan, berdasarkan hasil inspeksi lapangan dan hasil uji laboratorium, maka produk yang diajukan oleh lima kelompok pelaku usaha PSAT, dapat direkomendasikan untuk memperoleh registrasi. Namun, kata dia, rekomendasi tersebut masih dibubuhi koreksi, berupa catatan untuk memperbaiki beberapa temuan ketidaksesuaian dengan waktu yang telah disepakati bersama, antara petani dan tim independen serta tim komisi teknis OKKP-D Sulawesi Tengah.

“Tim ahli independen yang telah ditetapkan oleh kepala dinas, bertugas memberikan rekomendasi kepada tim tehnis OKKP-D, dalam menentukan lulus atau tidaknya, produk yang diusulkan,”ujarnya.

Dalam Rapat Pembahasan Tim Komisi Teknis Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D), dihadiri oleh tim penguji dari Universitas Tadulako, Gatot Siswo Utomo dan Abdul Rahim, Kepala UPT PSM-KP Dinas Pangan Sulawesi Tengah, Manajer Administrasi, Manajer Mutu dan Manajer Teknis OKKP-D Sulawesi Tengah dan peserta forum OKKP-D yang berasal dari Kelompok Tani Hidroponik Sigi, Sintuvu Greenhouse Palu, Kelompok Tani Setia Budi Tolitoli, Petani Anggur Malaya Kelurahan Duyu Kota Palu dan Kelompok Tani Kangkung Birobuli Palu. (Bal)

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA