Tiba di Luwuk, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Salakan Banggai Kepulauan

Iklan

,

Iklan

iklan

Tiba di Luwuk, Presiden Jokowi Langsung Bertolak ke Salakan Banggai Kepulauan

Redaksi Palu Ngataku
26 Mar 2024, 13:41 WIB Last Updated 2024-03-26T05:41:23Z

Presiden Jokowi saat tiba di bandara sultan Amiruddin, Luwuk. (Foto: Humas Pemprov)

Palu Ngataku -
Wakil Gubernur Sultang H. Ma'mun Amir didampingi Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, Kapolda Sulteng  Agus Nugroho bersama Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka beserta jajaran Forkompimda Kabupaten Banggai menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Bandara Sultan Amiruddin Amir, Luwuk, Banggai, Selasa (26/3/2023) sekitar pukul 10.35 Wita. 


Setibanya di Banggai, Presiden bersama Menteri PUPR RI Basuki Hadi Muljono didampingi Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma’mun Amir dan Kapolda Sulteng beserta rombongan lainnya langsung menaiki Heli Super Puma menuju Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep).



Sesuai agenda Presiden Jokowi akan meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah atau Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Bangkep, sekaligus Meninjau Pasar Tradisional dan  menyerahkan Bantuan Modal Kepada Pedagang Pasar.



Bantuan dana Inpres  percepatan pembangunan jalan daerah pada anggaran APBN  tahun 2023 tersebut  diperuntukan untuk  pembangunan jalan daerah  yang menjadi penghubung ke kawasan industri dan sentra produksi.



Diketahui, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 14,6 triliun di tahun 2023 untuk peningkatan jalan daerah di beberapa provinsi di Indonesia. 



Sementara untuk tahun 2024, Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp15 triliun untuk peningkatan jalan daerah.



Keberadaan Inpres, merupakan bentuk kebijakan dan program pemerintah dalam mengintervensi daerah lewat stimulan anggaran guna meningkatkan infrastruktur jalan untuk memperlancar akses konektivitas dan distribusi logistik. 



Selain meresmikan IJD dan meninjau pasar Salakan di Bangkep, Jokowi juga akan meninjau sekaligus meresmikan beberapa Proyek Startegis Nasional di Wilayah Palu, Sigi, Donggala (Pasigala), Kabupaten Banggai dan Kabupaten Tolitoli di Sulawesi Tengah serta Bandara yang ada di Bolaang Mongondow dan Gorontalo. 



Kunjungan kerja RI 1  ke Sulteng dijadwalkan akan berlangsung selama 2 (dua) hari  dari tanggal 26-27 Maret 2024.



Selanjutnya, Presiden RI bersama rombongan akan bertolak menuju Kota Palu menggunakan pesawat kepresidenan dan melanjutkan kegiatan pengresmian beberapa Bandara termasuk Bandara Mutiara Sis Aldjufri yang direhab pasca bencana 2018 lalu.



Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi juga akan menginap semalam di Kota Palu untuk melanjutkan kegiatan pada rabu (27/03/2024) di Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Toli-Toli sebelum kembali ke Ibu Kota Negara, Jakarta. 



Sumber : PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan dan dipublis oleh PPID Utama selaku Humas Pemprov. Sulteng/Dinas Kominfo Santik.

Iklan

Idul Fitri Kaopsda space iklan RADDIKALISME space iklan AYO BERIKLAN space iklan PALU NESIA